5 Tantangan Berat yang Harus Ditaklukan Kalau Mau Hidup Hemat
By: Date: July 26, 2020 Categories: Uncategorized

Supaya kondisi keuangan meningkat dan bisa mewujudkan rencana finansial jangka panjang, hidup hemat adalah salah satu kuncinya. Namun, hidup hemat bukanlah perkara mudah. Apalagi bagi orang yang sudah nyaman dengan gaya hidup tertentu atau boros dalam membelanjakan uang. 

Di tengah pandemi, prioritas keuangan sudah selayaknya diubah. Sebab, selain kesehatan, keuangan juga hal paling penting yang harus diperhatikan kondisinya di saat-saat tidak pasti seperti ini. Kalau penghasilan belum bisa ditambah, maka berhemat adalah solusi yang paling tepat agar jumlah tabungan bisa meningkat dan bisa dijadikan andalan di kala darurat. 

Hidup hemat adalah proses belajar. Selayaknya proses belajar, ada berbagai tantangan yang harus dihadapi sebelum kita bisa “lulus”. Tantangan yang dimaksud di sini adalah tantangan melawan dan mengontrol diri sendiri dengan 5 cara berikut ini: 

Setop gunakan fasilitas kredit sementara

Baik itu untuk cicilan barang, belanja, atau, hangout sana sini yang menggunakan fasilitas kredit, sebaiknya dievaluasi ulang dan disetop sementara apabila ini adalah penyebab pengeluaran terbesarmu. Sebenarnya, fasilitas kredit seperti kartu kredit bank ataupun fasilitas kredit online dan pinjaman uang tunai seperti Kredivo, bisa bermanfaat besar & sangat mempermudah transaksi. Namun, kalau penggunaannya asal-asalan dan tidak diseimbangkan dengan kemampuan finansial, maka akan jadi bumerang. 

Bagi kamu yang saat ini belum memiliki akses kredit dan tertarik buat, sebaiknya ketahui dulu kapasitas finansial sendiri dengan baik. Sehingga, ketika sudah punya aksesnya nanti, kamu bisa jadi lebih bijak dalam penggunaannya. Untuk pemula, kamu dapat mencoba daftar akses kredit online sekaligus pinjaman uang tunai seperti Kredivo lebih dulu. Sebab, syarat pendaftaran Kredivo lebih mudah dibanding kartu kredit bank. 

Kamu hanya perlu (1) berusia minimal 18 tahun; (2) memiliki penghasilan minimum sebesar Rp 3 juta per bulan; dan (3) berdomisili di wilayah Jabodetabek, Bandung, Surabaya, Medan, Palembang, Semarang, Bali, Yogyakarta, Solo, Malang, Makassar, Cirebon, atau Sukabumi. Kredivo dapat digunakan untuk bertransaksi di 250+ merchant & e-commerce ternama di Indonesia. Bisa juga digunakan untuk mengajukan pinjaman uang tunai mulai dari 500 ribu, dengan suku bunga rendah (2,95% per bulan), lewat aplikasinya langsung.

Kurangi windows shopping agar tidak tergoda belanja

Windows shopping di mal atau di e-commerce favorit memang menyenangkan. Tapi di sisi lain, aktivitas ini pula yang kerap menjadi trigger untuk belanja dan keluar uang lebih banyak. Belum lagi karena dorongan promosi besar-besaran, cashback, flash sale, dan lain sebagainya yang masif diadakan e-commerce selama masa pandemi. Kalau nggak kuat-kuat godaan, maka diri kita sendiri akan selalu membuat alasan dan justifikasi untuk mengeluarkan uang. Padahal, kemungkinan besar barang yang dibeli nggak dibutuhkan dan urgensinya tidak tinggi. 

Utamakan penggunaan uang tunai saat bertransaksi

Supaya nggak bablas dan asal gesek kalau bertransaksi dengan kartu kredit ataupun e-wallet, kamu bisa menyiasatinya dengan sering-sering menggunakan uang tunai ketika bertransaksi. Bawalah uang seperlunya. Dengan begitu, kamu bisa belajar untuk bijak memilih mana yang harus dibeli dan mana yang harus direm. Penggunaan uang tunai juga bisa menjadi trigger bagi kamu untuk menyadari ada uang yang dikeluarkan pada hari tersebut. 

Hobi kulineran? Waktunya tahan nafsu makan!

Saat ini, makin banyak inovasi kuliner yang menggiurkan dengan target pasar kalangan anak muda. Bagi kamu yang suka makan dan hobi mencicipi makanan baru, hal ini tentu bisa jadi pengeluaran paling besar. Sebagai contoh, kopi kekinian versi botolan ukuran 1 liter yang dibanderol dengan harga Rp70.000 sampai Rp80.000. Supaya tidak boros, frekuensi kulineran apalagi yang harganya mahal perlu dibatasi. Misalnya hanya 2 kali dalam satu bulan. Dengan begitu, kamu bisa memilih kuliner baru mana yang ingin dicoba sesuai kuota yang sudah ditentukan tersebut. 

Gengsi membawa bekal saat bekerja dan beraktivitas di luar

Buat sebagian orang, membawa bekal saat ke kantor atau beraktivitas di luar rumah rasanya gengsi. Padahal, bawa makanan dari rumah selain lebih sehat dan higienis juga tentu saja lebih murah. Dibanding harus pergi makan siang ke mal atau jajan di kantin kantor. Kalau mau semakin hemat, yuk kesampingkan gengsi. Belanja dan siapkan makananmu sendiri dari rumah dan coba konsisten minimal 1 minggu lebih dulu. Selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *