Cara Membuat Onde-onde Manis dan Enak Dirumah
By: Date: December 23, 2020 Categories: Kuliner
10 Kuliner Khas Yokohama, Ada yang Mirip Onde-onde Indonesia

Indonesia kaya akan keanekaragaman makanan tradisional. Mulai dari berbahan dasar umbi-umbian, kedelai, segala jenis tepung, hingga yang berbahan dasar pangan dari lautan luas Indonesia. Terasa bangga memiliki keragaman rasa dan kekayaan kuliner yang tiada tara, Indonesia memang merupakan negara yang sangat kaya baik dari segala sudut termasuk kuliner. Indonesia memiliki banyak sekai aneka makanan khas salah satunya adalah “Onde-Onde” nama yang lucu, bukan? onde-onde ini adalah camilan manis favorit  banyak orang pada masa kecil. Onde-onde terbuat dari tepung ketan yang berbentuk bulat seperti bola-bola kecil berisi kacang hijau tumbuk manis dan ditaburi dengan biji wijen disekelilingnya. Onde-onde adalah sejenis jajanan kue kering yang populer di pasar Indonesia. Kue ini sangat terkenal di daerah Mojokerto yang dikenal dengan nama onde-onde kota sejak jaman Majapahit, onde-onde dapat ditemukan di pasar tradisional dan dijual di pedagang kaki lima. Onde-onde juga sangat populer di Chinatowns baik di Indonesia maupun di luar negeri. Merupakan gorengan atau jajanan pasar yang terbuat dari tepung ketan yang digoreng dan dibalut dengan taburan dari biji wijen

Onde-onde ini ada berbagai macam variasi, yang paling terkenal adalah onde-onde yang terbuat dari tepung ketan dan diisi dengan pasta kacang hijau. Variasi lainnya hanya dibuat dari tepung terigu dan diberi warna-warna pada permukaannya seperti putih, merah, atau hijau yang dikenal dengan onde terigu, onde khas kota Mojokerto. Untuk kalian yang suka akan onde-onde, kalian bisa loh membuat onde-onde sendiri dirumah dengan bahan yang mudah dicari dan cara pembuatan yang gampang, penasaran? Langsung saja lihat resep masakan onde-onde dibawah ini yuk!

Bahan:

Untuk Isi onde-onde:

  • 1/2 cangkir kacang hijau kupas (saya tidak punya persediaan kacang hijau, jadi gunakan yang biasa). Rendam 1 jam atau lebih.
  • 1/2 sdt vanilla powder
  • 1/2 gelas gula pasir
  • 1/2 gelas air.
  • Sejumput garam

Cara membuat isian:

  1. Kukus kacang hijau sampai empuk (perlu waktu 40 menit sampai benar-benar empuk). Hancurkan / haluskan kacang hijau kukus itu.
  2. Dalam panci, masak, gula, garam, air dan vanili. Tambahkan kacang hijau halus. Aduk rata. Matikan api.
  3. Biarkan dingin. Ambil sedikit adonan isi kacang hijau, bentuk bulat kecil (lebih besar dari kelereng) Sisihkan.

Bahan untuk kulit onde-onde:

  • 1 gelas tepung ketan
  • 2 sendok makan tepung beras
  • 1/3 gelas gula pasir
  • 150 ml air (suhu ruangan)
  • Sedikit garam
  • Biji wijen secukupnya
  • Minyak goreng secukupnya untuk menggoreng.

Cara membuat kulit  Onde-onde:

  1. Larutkan gula dalam air. Campur tepung terigu dan tepung ketan serta garam.
  2. Tambahkan air gula (GRADUAL) ke dalam adonan tepung, uleni sampai tidak lengket di tangan dan bisa dibentuk. (Jika anda menambahkan terlalu banyak air, anda dapat menambahkan tepung beras ketan lagi.
  3. Ambil adonan, isi dengan adonan isi. Bentuk bulat, gulung dan tutupi dengan biji wijen. Lakukan hingga adonan habis.
  4. Panaskan minyak goreng di dalam wajan. Kecilkan api. Goreng “onde-onde” dengan api kecil sampai mengembang bulat dan berwarna kemerahan. Catatan: Gunakan api terendah saat menggoreng. Aduk perlahan agar matang merata.
  5. Angkat onde-onde jika sudah berwarna kuning kecoklatan, onde-onde pun siap disajikan.

Sangat mudah bukan membuat onde-onde sendiri dirumah? Sangat cocok untuk dijadikan sebagai cemilan saat sedang berkumpul dirumah!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *