Doa Untuk Orang Yang Sakit dan Meninggal Dunia
By: Date: August 6, 2021 Categories: Informasi
Doa-Doa Penenang Hati agar Kamu Selalu Dilindungi Allah SWT

Mendoakan yang sedang saki atau meninggal dunia merupakan sebuah kewajiban kita sebagai umat Muslim. Apalagi jika orang yang sakait atau meninggal itu adalah salah satu dari keluarga kita atau bahkan orangtua kita.

Oleh karena itu, dalam artikel kali akan merangkum beberapa doa untuk orang yang sakit dan meninggal dunia sebagai berikut :

Doa Untuk Kedua Orang Tua Yang Sudah Meninggal

Namun, jika mereka sudah meninggal dunia dan sudah tidak bersama kita lagi. Kita masih punya kesempatan untuk berbakti kepada orang tua yang sudah meninggal dunia, salah satunya adalah dengan mendoakannya. Adapun doa untuk orang tua yang sudah meninggal adalah sebagai berikut :

Allahummaghfir Lahu Warhamhu Wa ‘Aafihi  Wa’fu anhu Wa Akrim Nuzulahu Wa Wassi’ Madkhalahu. Waghsilhu Bil Maa i Wats-tsalji Walbarodi Wa Naqqihii Minal khathaa Ya Kamaa Yunaqqats-Tsawbul Abyadhu Minad Danas. Wa Abdilhu Daaran khairan Min Daarihii Wa Ahlan khairan Min Ahlihi Wa Zawjan khairan Min Zawjihi. Wa Adkhilhul jannata Wa A’idzhu Min ‘Adzaabil Qobri Wa Fitnatihi Wa Min ‘Adzaabin Naar.

Artinya : “ Ya Allah, ampunilah dan rahmatilah, bebaskanlah, lepaskanlah kedua orang tuaku. Dan muliakanlah tempat tinggalnya, luaskanlah jalan masuknya, bersihkanlah kedua orang tuaku dengan air yang jernih dan sejuk, dan bersihkanlah kedua orang tuaku dari segala kesalahan seperti baju putih yang bersih dari kotoran.

Dan gantilah tempat tinggalnya dengan tempat tinggal yang lebih baik daripada yang ditinggalkannya, dan keluarga yang lebih baik, dari yang ditinggalkannya juga. Masukkanlah kedua orang tuaku ke surga, dan lindungilah dari siksanya kubur serta fitnahnya, dan siksa api neraka.”

Doa Untuk Kedua Orang Tua Yang Sedang Sakit

Allahumma rabbannaasi adzhibil ba’sa wasy fihu, wa antas syaafi, laa syifaa-a illa syfaauka, syifaan laa yughaadiru saqaama

Artinya : “Ya Allah, Rabb manusia dan alam semesta, hilangkanlah kesushan dan berikanlah dia kesembuhan, Engkau Dzat Yang Maha Menyembuhkan. Tidak ada kesembuhan kecuali kesembuhan dari-Mu, kesembuhan yang tidak meninggalkan penyakit lain.”

Doa Untuk Kedua Orang Tua Yang Sedang Sakit Parah

Allahumma ahyini maa kaa natil khayatu khairalli, watawaf fanni adza kaanat wafaatu khiralli.

Artinya : “Ya Allah, sembuhkanlah penyakitnya jika itu lebih baiik baginya. Dan cabutlah nyawanya jika kematian itu lebih baik baginya.”

Doa Ketika Ada Orang Yang Meninggal

Allahummaghfirli wa lahu wa’qibni minhu ‘uqba hasanah

Artinya : “Ya Allah, ampunilah diriku dan dia serta berikan kepadaku darinya pengganti yang lebih baik.”

Doa Untuk Orang Meninggal Laki-Laki

Allahumaghfir lahu warham hu wa’afi hii wa’fu anhu wa akrim nuzula hu wa wassi’ madkhola hu waghsil hu bilmaai wats-tsalji walbarodi wanaqqi hi minal khotooyaa kamaa yunaqots tsaubal abyadlu minaddanasi wa abdil hu daaron khoiron min daari hi wa ahlan khoiron min ahli hi wazaujan khoiron min zaoji hi wa adhkhil hul jannata wa ‘aidz hu min ‘adzaabil qobri wa fitnati hi wa min ‘adzzbin naar.

Artinya : “Ya Allah, ampunilah, rahmatilah, bebaskanlah dan lepaskanlah dia. Dan muliakanlah tempat tinggalnya, luaskanlah dia. Dan muliakanlah tempat tinggalnya, luaskanlah jalan masuknya, cucilah dia dengan air jernih lagi sejuk, dan bersihkanlah dia dari segala kesalahan bagaikan baju putih yang bersih dari kotoran, dan gantilah rumahnya dengan rumah yang lebih baik daripada yang ditinggalkannya, dan keluarga yang lebih baik, dari yang ditinggalkan, serta istri yang lebih baik dari yang ditinggalkannya pula. Masukkanlah dia ke dalam surga, dan lindungilah dari siksanya kburu serta fitnahnya dan dari siksa api neraka.”

Doa Untuk Orang Meninggal Perempuan

Doa untuk orang yang sudah meninggal perempuan doanya sama hanya saja lafadz ‘hu’ pada doa mayat laki-laki diganti dengan lafadz ‘ha’. Itu menunjukkan bahwa mayat tersebut adalah perempuan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *