Prosesi Dan Syarat Nikah Beda Agama Di Indonesia
By: Date: August 9, 2021 Categories: Informasi
Catat! Ini Syarat dan Tata Cara Daftar Nikah secara Online

Pernikahan merupakan hal yang paling sakral dilakukan untuk pasangan, bahkan menjadi salah satu tujuan hidup bersama ketika sudah menjalin hubungan asmara. Tentunya puncak untuk melanggengkan hubungan yang resmi dengan pernikahan. Perlu sekali untuk mempersiapkan apapun yang di butuhkan selama pernikahan berlangsung sehingga harus disiapkan sebelum hari H. Seiring waktu banyak pasangan yang menikah dengan berbeda agama atau keyakinan yang dianutnya. Bahkan banyak pro dan kontra yang terjadi atas dasar pernikahan beda agama. Melihat hal tersebut penting sekali merujuk atas dasar undang undang yang mengatur mengenai pernikahan. Bahkan apasaja syarat nikah beda agama yang dianjurkan sesuai negaranya terutama Indonesia. Maka dari itu hukum positif yang mengatur mengenai perkawinan tidak menjelaskan secara spesifik mengenai hukum boleh atau tidaknya perkawinan beda agama hanya menjelaskan pernikahan sah menurut aturan yang sesuai dengan agama atau kepercayaannya.

Tidak menutup kemungkinan bahwa pernikahan yang dilangsungkan dengan perbedaan agama dilarang sebab sudah banyak orang atau calon pasangan yang menikah dengan berbeda agama dan sah diakui negara. Tentunya hal itu perlu melewati beberapa tahapan proses yang telah ditentukan oleh pihak balai pernikahan serta adat agama dan kepercayaan. Maka dari itu perlu diketahua bagaimana prosesi pernikahan beda agam berlangsung dan juga syarat yang dipersiapkan untuk pernikahan yang berbeda agama. Perlu diketahui pula bahwa setiap prosesi yang berlangsung juga berbeda setiap aturannya sehingga tidak harus sama persis untuk prosesi pernikahan yang berlangsung antar pasangan.

Cara Pernikahan Yang Beda Agama

Ketika sudah memenuhi syarat nikah beda agama yang diatur dan telah dipersiapkan tersebut maka perlu sekali mengetahui bagaimana cara atau prosesi pernikahan beda agama berlangsung sehingga Anda bisa mengetahui caranya dengan lebih mudah. Untuk pasangan yang ingin melangsungkan akad pernikahan di balai nikah atau dirumah juga perlu menyiapkan berkas dokumen yang diperlukan sehingga bisa membuat akta nikah secara resmi dari negara. Oleh sebab itu berikut adalah beberapa cara pernikahan untuk pasangan yang beda agama.

  1. Bisa melangsungkan pernikahan di balai nikah yang telah disediakan atau juga bisa di rumah atau resepsi pernikahan yang telah disiapkan oleh pasangan suami istri. Alhasil Anda bisa memilih yang menurut Anda lebih mudah dan nyaman sehingga mempercepat prosesi pernikahan.
  2. Biasanya prosesi pernikahan beda agama dilakukan adalah melangsungkan pernikahan kedua prosesi pernikahan dalam dua agama. Sehingga ketika Anda memiliki pasangan yang beda agama akan melangsungkan pernikahan sesuai dengan agamanya dengan dua cara yang biasa dilakukan.

Syarat Menikah Ketika Beda Agama

Hal tersebut pastinya mudah sekali dilakukan, akan tetapi sebelum melangsungkan pernikahan harus mempersiapkan syarat nikah beda agama sesuai dengan kedua agama yang dianut pasangan. Dokumen atau berkas yang digunakan sebagai syarat tersebut harus dipenuhi sebelum berlangsung dan dapat digunakan untuk membuat akta nikah secara sah. Untuk persyaratan yang harus dipersiapkan adalah sebagai berikut.

  1. Fotocopy akta kelahiran dari kedua mempelai yang digunakan sebagai identitas resmi dari negara asal mereka.
  2. Fotocopy KTP dan KK dari kedua calon pasangan.
  3. Surat pengantar dari desa yang menyatakan bahwa pasangan tersebut memang berasal dari daerah tersebut dan akan melangsungkan pernikahan.
  4. Surat persetujuan dari mempelai yang mana digunakan sebagai bentuk persetujuan atas pernikahan yang akan berlangsung.
  5. Pas photo ukuran 2×3 dan 4×6

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *