Bagaimana Cara Simpan Cabai Segar di Lemari Es? Ikuti 7 Langkah Ini
By: Date: August 31, 2021 Categories: Informasi
Gambar oleh Barbara Jackson dari Pixabay

Cabai segar adalah bahan serbaguna untuk makanan. Rasa pedasnya dimanfaatkan sebagai penambah rasa, pelengkap makanan, hingga kandungan capcaisin di dalamnya untuk kesehatan.

Cabai segar, apa pun jenisnya, memiliki kandungan capcaisin yang bersifat antiracun dan dapat merangsang sirkulasi tubuh. Cabai bermanfaat untuk mencegah risiko kanker, menjaga kesehatan pencernaan, hingga meningkatkan metabolisme tubuh.

Tak heran mengapa banyak orang menyimpan cabai segar sebagai bahan stok di rumah. Meskipun begitu, terkadang cabai yang baru kita beli beberapa hari lalu tidak awet saat disimpan di lemari es. Mau tak mau, cabai akan terbuang sia-sia karena kondisinya sudah busuk, berair, dan tidak mendapat tekstur yang kita inginkan.

Jangan khawatir. Berikut ini adalah 7 langkah mudah menyimpan cabai segar di lemari es:

  1. Jangan Cuci Cabai Jika Belum Digunakan

Hindari mencuci cabai saat baru membelinya dan ingin menyimpannya di lemari es. Kadar air dari embun lemari es hanya akan mempercepat kelembaban dan membuat cabai membusuk.

Cukup bersihkan cabai yang baru dibeli dengan tisu atau kain kering. Cucilah cabai dengan air mengalir hanya ketika akan digunakan.

  1. Cabut Tangkai Cabai

Setelah membeli dan membersihkannya dengan tisu kering, sebaiknya kita mencabut satu per satu tangkai cabai. Tangkai yang masih menyatu dengan cabai akan mempercepat pembusukan, sehingga cabai terlihat tidak segar, kering, atau berair.

  1. Pisahkan Cabai Busuk

Memisahkan cabai busuk dan berkualitas baik adalah hal yang sangat penting. Bakteri di dalam cabai yang membusuk dapat ‘menular’ ke cabai lainnya sehingga akan merusak kualitas semua cabai yang kita simpan.

Jika ada cabai yang sudah setengah kering atau sedikit berair, lebih baik pisahkan atau gunakan saat itu juga. Namun, jika kondisi cabai masih bisa diselamatkan, kita bisa menggunting bagian yang sudah membusuk saja.

  1. Simpan di Wadah Tertutup

Jika semua cabai yang dikumpulkan sudah berkualitas baik, segera simpan di wadah tertutup seperti kontainer, wadah plastik kedap udara, atau wadah yang dilengkapi zip lock.

  1. Selipkan Tisu

Jangan lupa selipkan satu tisu di dalam wadah agar cabai yang berair akibat embun lemari es dapat terserap dan kondisi tetap kering. Gantilah tisu secara rutin ketika tisu sudah basah agar kesegaran cabai tetap terjaga.

  1. Selipkan Bawang Putih

Sebagai opsi, kita juga bisa meletakkan 1 siung bawang putih yang sudah dikupas kulitnya di dalam wadah bawang putih beserta tisunya. Bawang putih bersifat antibakteri sehingga dapat mencegah cabai dari pembusukan, kondisi berair, serta menjaga kepedasannya.

  1. Jangan Simpan di Freezer

Menyimpan cabai di freezer akan membuat kondisi cabai cepat kering dan membusuk. Simpanlah cabai di suhu dingin yang stabil, seperti di tempat penyimpanan buah dan sayur yang biasanya ada di bagian paling bawah lemari es.

Itulah 7 langkah menyimpan cabai di lemari es agar awet. Pastikan memilih cabai yang berkualitas baik, masih segar dan terjaga kepedasannya. Anda bisa mendapat segala jenis cabai yang Anda butuhkan di aplikasi dan wesite TaniHub.

Tak perlu diragukan lagi kualitasnya karena TaniHub menghubungkan kita langsung dengan para petani. Segera dapatkan kebutuhan harian Anda dan dapatkan promo setiap minggunya!

Sumber:

https://www.healthline.com/nutrition/8-benefits-of-cayenne-pepper#TOC_TITLE_HDR_11

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *