8 Tips Bisnis Kuliner Agar Sukses dan Berjalan Lancar
By: Date: September 15, 2021 Categories: Informasi
Tips Bisnis Kuliner Menguntungkan Yummy IDN Media
sumber gambar : cloteh.com

Sebagai pelaku usaha yang menggeluti bidang kuliner, sudah semestinya kita juga paham mengenai tips bisnis kuliner yang tepat. Apalagi, pada rasanya bisnis kuliner memiliki potensi yang besar. Kuliner sendiri adalah salah satu kebutuhan pokok yang akan selalu dicari. Sementara itu, di tengah pesatnya teknologi digital, kuliner juga menjadi hal yang populer sebagai bahan untuk membuat konten di media sosial.

Nah, salah satu hal yang bisa kita andalkan untuk menjalankan bisnis kuliner ialah Aplikasi Hubster. Di sini, sistem pemasarannya sudah terintegrasi sehingga kita tidak perlu repot-repot untuk mendatanya secara manual. Untuk lebih detailnya, mari bersama-sama membahas 8 tips sukses menjalankan bisnis kuliner.

1. Mencari tahu siapa segmentasi pasar kita

Ketika berbisnis, terlepas dari apapun bidangnya, kita harus mengetahui siapa sih target pasar kita. Hal ini penting agar kita bisa memahami apa yang mereka butuhkan dan seperti apa kecenderungan mereka. Jadi, kita pun dapat menyesuaikannya dan bisa lebih mudah untuk menjangkau target pasar tersebut.

2. Menghadirkan kreasi

Untuk tampil menarik di mata calon pelanggan, pastikan untuk menghadirkan unique selling point yang kita miliki. Di sinilah letak perbedaan antara kita dan kompetitor. Jadi, calon pelanggan pun akan semakin yakin untuk membeli bisnis kita. Sebagai contoh, bisnis coffee shop kita menghadirkan lebih dari 10 jenis kopi asli Indonesia.

3. Membuka usaha di lokasi yang strategis

Dalam berbisnis kuliner, lokasi menjadi pertimbangan penting karena akan berpengaruh pada jumlah pesanan yang bisa kita dapatkan. Jika kita membuka bisnis kuliner di kawasan kos-kosan misalnya, sudah tentu kita bisa mendongkrak penjualan kita dibandingkan bisnis kuliner yang dibuka di tempat yang warganya cenderung mempersiapkan masakan sendiri.

4. Membangun hubungan baik dengan pelanggan

Tidak ada kesuksesan dalam berbisnis tanpa dukungan dari pelanggan. Pelangganlah yang akan menikmati makanan dan minuman yang kamu hadirkan sehingga mereka berperan penting pada kemajuan bisnis kamu. Makanya, kamu pun perlu membangun hubungan baik, misalnya dengan menyediakan sistem membership untuk kemudian dapat ditukarkan dengan promo tertentu.

5. Cari tahu sumber pemasukan bisnis

Mencari tahu keuntungan bisnis adalah salah satu informasi penting yang perlu kita dapatkan untuk kita melakukan evaluasi. Tentu saja, dari sini kita bisa melihat seperti apa peluang yang bisa kita dapatkan. Selain itu, dari celah tadilah kita dapat mempersiapkan strategi-strategi yang memungkinkan kita untuk mendongkrak penjualan. 

6. Lakukan perizinan usaha

Usaha kuliner termasuk sebagai salah satu usaha yang diperbolehkan apabila memiliki izin. Jadi, kita pun perlu mengetahui struktur pada bisnis kita. Dari sanalah kemudian baru kita bisa melakukan pengajuan serta menjalankan semua urusan perizinan untuk bisnis kita.

7. Cari tahu apa yang nantinya akan kita lakukan

Sambil mengurus perizinan, penting juga bagi kita untuk menetapkan struktur organisasi, tujuan organisasi, dan hal-hal yang dapat kita lakukan untuk mencapai tujuan tersebut. Selain itu, kita juga bisa melihat dari beberapa aspek seperti bagaimana cara untuk melakukan pemasaran dan membuat bisnis semakin berkembang serta bagaimana cara untuk membuat perencanaan keuangan.

8. Menentukan partner yang akan berperan sebagai supplier

Hal yang juga tidak kalah penting untuk membuka bisnis kuliner ialah mencari tahu vendor yang tepat dan profesional. Vendor untuk bahan baku makanan ini harus memiliki dua kriteria utama, yakni menghadirkan bahan baku yang berkualitas serta dapat memberikan harga yang terjangkau.

Melalui tips bisnis kuliner, kita bisa semakin siap untuk membuka usaha. Wujudkan juga impian kita menjalankan usaha kuliner secara praktis melalui aplikasi Hubster.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *