Ingin Tidur Lebih Sehat? Ini 5 Cara Merawat Sprei
By: Date: November 17, 2021 Categories: Informasi
Jual Sleep Buddy Star Black White Sprei Terbaru November 2021 harga murah -  kualitas terjamin | Blibli
source gambar : blibli.com

Tidur adalah kebutuhan setiap orang. Untuk tetap menjaga kesehatan, mengganti dan mencuci sprei kasur adalah suatu keharusan. Sprei yang bersih akan membuat tidur semakin nyaman.

Membersihkan dan merawat sprei juga membutuhkan beberapa cara khusus. Yuk, simak tips berikut ini.

1. Lihat Dulu Label Informasi

Sebelum mencuci, lihatlah terlebih dahulu label informasi perawatannya. Dengan membaca informasi tersebut, Anda dapat mencuci sprei dengan baik dan benar sesuai prosedur.

Tidak menutup kemungkinan sprei yang Anda gunakan memerlukan perawatan khusus. Namun, jika tidak terdapat informasi atau instruksi apapun, Anda bisa mencucinya dengan mesin cuci.

2. Jangan Membiarkan Sprei Tidak Dicuci Dalam Waktu Lama

Bukan hanya merawat kualitas sprei, Anda juga harus membersihkannya dari kuman atau kotoran agar tetap sehat dan terhindar dari penyakit. Mencucinya dapat Anda lakukan paling sedikit sekali dalam dua minggu.

3. Menggunakan Deterjen Cair Saat Mencuci

Ukuran sprei tidaklah kecil. Maka, Anda bisa memilih untuk memakai deterjen cair saat ingin mencuci sprei. Deterjen cair lebih baik daripada deterjen bubuk karena deterjen cair lebih cepat larut dan lebih mudah untuk masuk ke serat-serat sprei.

Jika Anda menggunakan deterjen bubuk, kemungkinan besar akan tersisa residu di sprei Anda meskipun sprei sudah mengering. Residu yang tertinggal akan menghilangkan kelembutan sprei dan membuatnya menjadi sangat kaku.

4. Jangan Memakai Pemutih

Banyak orang yang menggunakan pemutih sebagai solusi saat mencuci kain atau sprei yang berwarna putih. Kendati demikian, pemutih membuat sprei dapat merusak serat kain sehingga menjadi lebih mudah rusak.

Anda dapat mencampur baking soda dan cuka ketika akan mencuci sprei berwarna putih atau terang. Campuran ini dinilai sangat aman bagi kain sprei.

5. Jemur di Area yang Tidak Langsung Terpapar Matahari

Untuk mengeringkan sprei dan tidak membuatnya lembab adalah dengan menggunakan panas. Tapi, jangan langsung menaruh sprei dibawah panas matahari. Meskipun bisa membuat kering, panas matahari dapat merusak kain dan warna menjadi kusam.

Maka dari itu, untuk merawat sprei tetap awet, jemurlah sprei Anda ditempat yang tidak langsung terkena sinar matahari dan cukup terbuka. Usahakan untuk tidak menjemur sprei di ruangan. Menjemurnya di dalam ruangan akan membuat sprei menjadi apek.

Demikian lima cara yang dapat Anda ikuti agar sprei terus terawat. Jangan lupa untuk rutin mengganti dan mencuci sprei agar tidur dapat membuat tidur semakin nyaman dan terhindar dari berbagai penyakit.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *